Selasa, 30 Maret 2010

Bagaimana Supaya Bisa Kreatif?

Sebenarnya semua orang punya bahan baku untuk kreatif. Bahasa kerennya kita udah dari sononya dikasih modal agar bisa kreatif. Misalnya sekarang, semuanya harus bisa diasah supaya jiwa kreatif kita bisa kinclong. Cara mengasahnya adalah:
1. Cari Pengetahuan
Perbanya wawasana dengan membaca buku, surat kabar, browsing internet, bertanya sama para ahli, sampai cari pengalaman dengan ikut berbagai kegiatan. Semakin banyak yanh kamu tahu, semakin banyak pengalaman, dan semakin banyak mengenal karakter dari setiap orang di berbagai kalangan, otak kamu bakal terasah dengan sendirinya. Siapa tahu juga inspirasi bisa muncul ketika kamu dalam kegiatan.
2. Berfikir
Setelah cari ilmu dan perbanyak penglaman, bwerpikirlah tentang apa yang kamu dapat. Kalalu kamu melihat teman2 kamu di sekolah kesulitan untuk belajar suatu mata pelajaran tertentu, kamu bias cari solusinya dengan mengajak ornag yang mengajarkan teman2 kamu, atau malah kamu bias bikin “rumus” sendiri untuk membanhtu mereka belajar.
3. Santai
Bersantai disini bukan berarti malas-malasan. Saat santai kamu juga bias bermain-mian dengan fikiran kamu sendiri atau berimajinasi. Dari sini, bias saja idebrilian dan gila muncul.
4. Kembangkan Ide
Kalau ide brilian udah ketemu, kembangkan lagi jadi sesuatu yang bias dijalankan.
5. Berpikir “nakal”
Orang2 yang berpikir out of the box adalah orang yang berani berpikir di luar kebiasaan, break the rules. Ahli mode selalu bilang, jangan pake baju yang bermotif “nabrak”.Tapi liat saja para personel The Upstairs. Mereka dengan semena-menanya pakai baju warna-warni yang enggak matching dengan motif yang “nabrak”. Terus, siapa yang berani menyangkal kalau gaya pakaian ini pada akhirnya jadi tren di kalangan anak muda?
6. Berlatih terus-menerus
Latih terus cara berfikir kamu. Siapa tahu, salah satu ide kamu bias jadi hal yang mengubah dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar