Sabtu, 25 Februari 2012

Pesta Degan...!!!




Hmm…haiii….jumpa lagi dengan saya….emm maksudnya tulisan saya….kali ini saya mau cerita gimana asiknya pesta degan (kelapa muda) di kampuang saya nan jauh di rantau orang….wah wah….semoga kalian akan terpukau dengan cerita nyata ini (bukan fiktif…apalagi dibuat buat)….daaaaan tentunya semoga kalian akan iri karena tidak mengalami hal serupa dengan saya……kasiiiiian…
Hmm…..pesta degan….yaaa pesta degan….kalian mungkin akan bertanya gimana gambaran umumnya pesta degan itu….apa yg dilakuin…..teruus apa yg dimakan…..minumannya gimana….(lebaaay amat)….hehehhe
Okee jadi gini….liburan tahun 2011 ini smester 1….saya mudik ke kampung….kampung dimana tempat saya dibesarkan….yaitu desa Kedungjati kecamatan Bukateja kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah……yaaa dari peta eropa sii ga akan ketemu guys…..hmmm….senaang rasanya bisa mudik ke kampuang….sendiri pula…..mantap gan……dari Jakarta ke jawa tengah butuh waktu semalaman ngeliatin langit yg gelap karena naik bis….


Well….sampai di kampung tuh benar benar terasa segernya….. udaranya …. pepohonannya…. lingkungannya….daaan masih banyak lagi….. kalau dulu saya masih sekolah di SD situ saya sering melihat anak2 kecil yg ingusnya ngalir ke samping kanan kiri mulut mereka….eeehh sekarang mereka udah gede gede duduk di pinggir jalan sambil ketawa2 ngakak ga tau ngomongin apa…. Biasanya siii mereka ngomongin anak orang yg gini yang gitu….(pengalaman masa kecil niii….)
Daaaan pokoknya hal yg terindah saat sampai kampung itu saat aku dateng kerumah….meluk mama….cium tangan mbah perempuan….terus ngejitak adik perempuanku….(dia marah)….. tpiiii yaa itulah keindahan keluarga kecil kita…..
Saat aku telah ngaso…(istirahat sejenak)….aku ke samping kiri rumah….hmm disitulah kebunku berada….(kayak apa yaaa)…..kebun itu isinya banyak….pepohonan….tanaman obat….tanaman sayur….misal rambutan…kedondong,,, nangka,, mangga,,, jeruk,,, kokoa,,, duren,,, papaya,,, daaan apalagi yaa….hmm….bnyak deh….
Aku lihat pohon kelapa yg dulu bagiku tinggiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii banget…….besaaaaaaaaaaaaaaaaar banget…..susaaaaaaaaaaaaah banget dipanjat…..ckckck…..eh waktu sekarang aku liat ko sedengkul…..emmm maksudnya kalo dipanjat yaa ga susah susah amat…..nah aku langsung ambil golok…..golok tuh kinclong bagian tajamnya…..mbahku yg suka ngasah….ngasah sampai tajem tapi ga pernah dipakai…emm katanya mbahku….tangan kirinya udah susah digerakin dan sakit….gtu…(ko curcol lagi)
Aku mulai ambil tangga yg disandarkan horizontal disamping rumah……aku mulai mengangkatnya perlahan…..ehhh miring…..terus ujung tangganyaa kebentur batu….tiba2 ada suara meraung “aduuuh kepalaku…”….hehehehe leebay amaaat….yaa biasa aja lah ngangkat tangga….setelah  aku letakkan vertical ke arah pohon kelapa….aku mulai memanjat…..agak licin sii saat di atas….sejenak aku terdiam memandangi desaku yg indah ini…..waaaaaaaaw…..udah lama aku ga liat desa ini……hahahaha…terus yaa aku liat ke kelapa yang persis di depanku…..aku pilih satu2…..aku petik 6…..padahal yg makan cuma 3 orang……biarlah….
Bung…..saya kasih tau…..kalau manjat pohon kelapa tuh harus waspada…..kawanan semut hitam selalu keluar ketika ada getaran dikit aja…..kmaren saya manjat tuh semut langsung keluar……banyaaak banget….padahal saya lagi muter muter kelapa biar jatuh…(golok ga kepake bung….cuma buat serem serem doang…..jadi metik kelapanya tinggal diputer puter)……naaah kawanan semut itu mulai merangkak ke kaki saya…..banyaak banget…..gigitan mereka si ga sakit dan ga bikin gatel….tpi geli…..beberapa dari mereka naik terus naik terus daaaan sampailah di paha saya…..aduuuuuuh tangan saya mau ngebersihin tapi lagi sibuk…. Alhasil mereka sampai ke pangkal paha saya….. cekiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittttt…… aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaw…… saya menjerit jerit di atas pohon kelapa….ternyata gigitan mereka ampuh kalau di tempat yg pas……di atas pohon saya garuk garuk mahkota saya……sumpaaaaah nelangsa banget……
Setelah turun saya mulai mngupasnya…..waduuuuh setelah dibuka ternyata airnya udah basi…..maksudnya kelapanya udah jadi…keras…..ga lembut…..bukan degan….salah ambil….sialaaan…..alhasil saya cuma minum air kelapa hambar itu dengan tragisnya…..hmm….mama sama adik cuma bisa ngetawain…..dalam hati makin gondok…
Esoknya saya mulai manjat lagi…..singkatnya saya ambil yg warnanya agak hijauan…..turun dengan 5 buah kelapa….aku mengupasnya….waaah akhirnya aku dapat yg degan….rasanya tuh maniiiiis banget….ada semriwing semriwingnya…kayak softdrink tingkat rendah…..gtu….aku nikmati sama mama sama adik…..kita lupa foto…..jadi pas foto tuh kita cuma megang kelapa yg udah kosong,,,,, tapi gapapalah…..yg penting mantaaap….aku bangga sama diriku…di umurku yg 16 ini aku bisa metik pohon kelapa….yeees….
Pesta degan aku lakuin selama 4 hari….kita semua kenyang hanya dengan minum air degan…..mantap gan….

Nah itulah ceritaku saat mudik dengan pesta degan…..senaaaang deh punya kebun yg banyak tanamannya…..okeee semoga bermanfaat…
See you
cetak halaman ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar